BAGAIMANA PEMASARAN DIGITAL DI INDONESIA SELAMA PANDEMI

Semenjak wabah Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, perilaku konsumen untuk berbelanja online mengalami kenaikan. Itulah sebabnya mengapa sebuah bisnis perlu melakukan strategi digital marketing selama pandemi. Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda dapat ditemukan oleh konsumen ketika mereka mencari sebuah jasa atau produk di internet.

Pada dasarnya, digital marketing atau pemasaran digital adalah upaya pemasaran atau promosi yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau internet. Untuk melakukan jenis pemasaran ini, sebuah bisnis dapat menggunakan mesin pencari (Google), media sosial, email, atau situs web untuk menjangkau pelanggannya.

Menyadari bahwa pandemi Covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir, banyak bisnis yang menggunakan strategi digital marketing untuk bisa bertahan di masa sulit ini. Banyak pelaku usaha baru memanfaatkan sosial media untuk menawarkan produknya. Namun hal yang kurang dipelajari oleh pelaku usaha baru yaitu tentang bagaimana cara digital branding. 

Menurut wikipedia digital branding merupakan teknik manajemen merek yang menggunakan kombinasi branding internet dan pemasaran digital, pemasaran online untuk mengembangkan merek di berbagai tempat digital, termasuk hubungan berbasis internet, aplikasi berbasis perangkat atau konten media. Banyak pelaku usaha yang belum mengerti tentang digital branding, sehingga banyak pelaku usaha yang baru sulit mendapatkan pelanggan.

Disisi lain, banyak juga pelaku usaha juga mulai memanfaatkan E-commerce untuk memasarkan produknya.  Melalui E-commerce, pelaku usaha dapat meningkatkan produknya dan memperluas akses pasarnya. Namun masih pelaku usaha yang kesulitan untuk masuk ke E-commerce, yaitu akses internet, keamanan transaksi, dan modal yang terbatas.

Sebagai evaluasi, pemerintah harus menyediakan program khusus untuk pemasaran online di Indonesia, lalu memberikan modal bagi usaha yang terdampak pandemi ini, serta memperluas jaringan internet di Indonesia.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *